Sabtu, 19 Februari 2011

Seyuman Anak Negeri

Sarana dan Prasana sekolah fisik maupun non fisik sekolah ikut berperan serta dalam mutu suatu sekolah. Karena dengan sarana dan prasana sekolah yang lengkap dan baik akan mampu meningkatkan mutu pendidikan sekolah, menghasilkan aset-aset Sumber Daya Manuasia yang handal.
Terus bagaimana dengan sarana dan prasana sekolah yang ada di desa untuk wilayah indonesia bagaian timur?. Apakah sudah lengkap atau lebih lengkap dari sekolah yang ada di pualu tempat ibukota negeri ini berpijak?.
Berikut Ini adalah salah satu potret sarana dan prasana sekolah dasar di Desa Todanara Kecamatan Ile Ape Timur Kabupaten Lembata Propinsi Nusa Tenggara Timur. Sarana untuk berolahraga berupa lapangan tidak berumput atau tidak pavingan sehingga kalau musin hujan tak bisa dipakai karena becek, tetapi pada musim kemarau lapangan ini berdebu sehingga bisa menggagu pernapasan. Kemudian berdasarkan data yang kami peroleh bahawa pada tahun 2009 jumlah guru di Sekolah Dasar tersebut ada 11 orang dengan perincian 5 orang berijazah SMA, 5 orang berijazah D1/D2, 1 orang berijazah D3, sedangkan jumlah murid disekolah dalah 97 orang. Berarti masih belum ada guru yang berijazah S1, ironi sekali padahal jumlah lulusan S1 pendidikan begitu banyak. Kemanakah mereka gerangan?. Tak adakah yang mau membagikan ilmunya di wilayah timur ini. walaupun demikian, lihatlah senyuman mereka, penuh kebanggan untuk menjadi aset-aset SDM pembangun negeri yang handal. Mereka sangat menikmati apa adanya. Dalam lagu Band d'Masiisve "syukuri apa adanya, hidup adalah anugerah". Inilah senyuman anak negeri. Bentuk rasa syukur mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar