Senin, 21 Februari 2011

Pesona Desa Lembah

Namanya Desa Waimatan, desa yang terletak di Kecamatan Ile Ape Timur Kabupaten Lembata secara geografis dibatasi oleh :

1. Sebelah Utara : Laut Sawu
2. Sebelah Selatan : Gunung Ile Ape
3. Sebelah Barat : Desa Lamagute
4. Sebelah Timur : Desa Aulesa

Desa yang berpenduduk pada tahun 2009 376 Jiwa dengan jumlah keluarga sebesar 190 komoditas perekonomian sebagai berikut:

a. Pertanian
Pertanian yang dihasilkan adalah jagung, kacang tanah dan kacang hijau. Produksi terbanyak adalah jagung.
b. Buah-buahan
Buah-buahan yang dihasilkan adalah pisang, mangga, papaya, nangka, jeruk, jambu biji, sirsak dan nenas. Produksi yang paling banyak adalah papaya.
c. Perkebunan
Hasil perkebunannya adalah kelapa dan mente. Produksi yang paling banyak dalah kelapa.
d. Peternakan
Hasil peternakannya adalah kambing, babi dan ayam. Produksi yang apling banyak adalah ayam.

Walaupun mayoritas penduduknya non muslim, tepai ada satu orang yang beragama muslim. Akan tetapi masih belum dibangun tempat peribadatan (gereja) sehingga jika mereka beribadah harus pergi ke desa tetangga yaitu Desa Aulesa dan Lamagute.
Untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Desa Waimatan terdapat fasilitas sekolah dasar (berjumlah 1), TKK (berjumlah 1), Puskesmas Pembantu (belum ada Bidan Desa). Mayoritas penduduk mempunyai WC sendiri, akan tetapi penduduknya masih belum biasa menikmati Listrik PLN.
Berdasarkan struktur tanah, Desa yang berada di kaki Gunung Ile Ape ini berupa batu-batuan. Banyak ditemui batu-batu besar disana. Meskipun keadaan seperti ini, desa yang mayoritas penduduknya bertani mempunyai pantai yang panjangnya kira-kira 200 meter. Pantai tersebut didampingi batu-batuan besar yang mampu mengukir keindahan alam pantai, dengan polesan air laut yang nan jernih. Oleh karena itu, tempat tersebut seringkali dikunjungi penduduk sekitar baik untuk rekreasi atau untuk menangkap ikan. Ditempat tersebut telah dibangun juga sumur dan WC sehingga sangat cocok untuk dikembangkan lebih maju menjadi tempat wisata di Kecamatan Ile Ape Timur. Ada yang sedikit mengusik keindahan pantai tersebut yaitu adanya tempat makan atau kuburan yang belum terolakasi dengan baik. Kita sangat berharap sekali pemerintah daerah mampu menginvestasikan untuk pengembangan pantai tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar